Ketemu Dinosaurus di Taman Legenda

Bukan Dinosaurus beneran siy, ...hehehe..ya iyalah

Jadi ceritanya, liburan taun baru ini ga kemana-mana (biasanya juga ngga kemana-mana siy :D). Tapi emaknya Raihan bosen kalau disuru di rumah aja, emaknya yang bosen lho. Catet. Anaknya mah seneng-seneng aja maen di rumah. Setelah browsing sana-sini, akhirnya diputuskan kita pergi ke...taraaa...TMII. hahaha. Kenapa kesini, yang pertama karena tempat ini deket banget dari rumah.  Paling setengah jam udah nyampe, itu posisi macet. Alasan yang kedua karena ada wahana baru di TMII, jadi biar ngga kudet kita ikutan lah maen kesini. hehehe Padahal udah ada agak lama juga siy si wahana ini. Yang ketiga, sebenernya karena Raihan juga pernah nyebutin pengen ke tempat dinosaurus ini. Gara-garanya nonton acara anak-anak di TV yang setingan lokasinya disitu.

Kami pergi tanggal 2 Januari 2017. Tadinya sempat kefikiran tanggal 1 Januari, tapi karena tanggal 1 hari Minggu pastinya lebih rame. jadi ngalah tanggal 2 aja. Dan ternyata kita memilih tanggal yang tepat, tanggal 1 emang macet banget di TMII, puenuh euy. Trus trus karena tanggl 2 Januri bukan tanggal merah, jadinya tiket masuknya terhitung tiket Senin-Kamis yang otomatis lebih murah dari tiket Sabtu/Minggu/hari Libur...yeay...emaknya dong ah yang senang

Taman Legenda ini posisinya di dekat Klenteng, petunjuk arahnya jelas siy. Di Dalam TMII banyak poster-poster Dinosaurus yang menunjukkan lokasi si taman legenda ini. Jadi judul tempatnya itu Taman Legenda Keong Emas, tapi lebih terkenal dengan Petualangan Dinosaurus karena didalamnya ada wahana petualangan Dinosaurus. Nah si wahana Dinosaurus ini yang sering di promosiin di TV.

numpang mejeng

Sampai disana sekitar jam 10.30, loket tiketnya udah rame banget. Ternyata antriannya ngga terlalu panjang siy karena semua loket tiket dibuka (ada 6 loket  tiket), cuman banyak orang yang berkerumun di depan pintu loket itu, jadi kesannya rame. Antrian tiketnya lumayan lama, sebenarnya yang bikin lama karena orang-orang banyak yang tanya sama petugas tiket. Padahal siy sebenernya udah ada pengumuman tentang ketentuan tiket yang ditempel di kaca. jadi sistem masuk Taman ini pakai gelang yang diiisi dengan sejumlah saldo. Saldo ini akan berkurang jika digunakan untuk memasuki wahana. Jika masih ada sisa saldo di dalam gelang, maka saldo tersebut dapat dikembalikan dalam bentuk uang kepada pengunjung (ditukarnya di pintu keluar). Selain itu, jika saldo kurang, di dalam wahana terdapat spot-spot pengisian saldo (top up). Sesederhana itu sebenarnya. Gelang saldo ini juga digunakan untuk membeli makanan dan minuman di kantin atau souvenir yang ada di dalam taman legenda ini.

Tips dalam pembelian tiket : 
- cukup beli satu gelang, dan isi dengan saldo yang banyak (satu wahana permainan sekitar 15 ribu sampai 30 ribu. Harga minuman mulai dari 5 ribu dan harga makanan berat mulai dari harga 30 ribu). Apalagi jika selalu pergi secara bersama-sama. Jika ingin memisahkan diri dari rombongan, sebaiknya beli 2 gelang. Tips ini berdasarkan pengalaman kami kemarin.
Kami kemarin pergi berlima dan mengisi 5 gelang. Hal ini ternyata cukup repot, pertama karena gelang masih kebesaran jika dipakai anak-anak (jadi riskan hilang). Dan yang kedua, karena dipecah menjadi 5 gelang, maka saldo yang terisi di tiap gelang menjadi kecil-kecil (di tiap gelang ada jaminan 10 ribu yang tidak bisa digunakan tapi dapat ditukar di pintu keluar pada saat pulang)

Kelar urusan gelang, kami masuk. Sebelumnya sempet googling kalau ngga boleh bawa makanan dan minuman ke dalam Taman legenda. Akan ada pemeriksaan di pintu masuk. Dan benar saja, tas kami diperiksa oleh petugas, tapi ternyata makanan dan minuman yang kami bawa tidak diambil petugas. Ternyata setelah kami perhatikan, yang diambil petugas hanya makanan dan minuman dalam kemasan. Eh sebenarnya tidak diambil, tapi dititip di petugas dan bisa diambil kembali ketika keluar dari Taman Legenda. Makanan dan minuman kami tidak diambil karena kami bawa pakai tupp**ware. Huray...lumayan lah ya. Ngga usah beli minum kalau haus hihihi. 

Begitu masuk kami disambut oleh "Pohon Bicara". Sayang anak-anak ngga mau foto disini. Eh kata Raihan itu bukan pohon bicara, tapi pohon Radio, karena suaranya hanya rekaman aja katanya. duh...pinter ya anak gue :D

Selanjutnya kami langsung menuju menuju wahana utama..jeng jeng..

Wahana Petualangan Dinosaurus
Untuk masuk ke wahana ini, sekali lagi antriannya mengular. Maklumlah libur. Untungnya orang-orang udah pada pinter antri, jadi ngga ada yang langsung serobot. Sekalinya ada yang mau nyerobot langsung pada protes dech. Seru...
Trus ngapain aja didalem sini. Intinya siy ya cuman jalan-jalan aja. jadi kita keliling jalan setapak, yang dikiri kanannya ada patung Dinosaurus. Patungnya bisa gerak-gerak dikit kepalanya, trus ada suaranya, ada juga yang bisa semburin air. Kalau buat orang dewasa siy, "gitu doang". Tapi cukup menarik lah buat anak-anak. Ada juga telor Dinosaurus yang udah pecah. Seringnya tempat ini jadi spot foto. Jadi serasa keluar dari telor Dinosaurus gitu dech.
Selesai keliling-keliling, ada bak pasir di dekat pintu keluar wahana. Jadi ceritanya, anak-anak bisa berpura-pura jadi arkeolog dengan menggali fosil yang ada dibawah pasir. Tapi banyak yang ngga tahu tujuan mainan pasir ini, jadi ya main pasir biasa aja kayak dipantai. Bak Pasirnya adem kok, ada atapnya di atas. Disekeliling bak pasir juga banyak tempat duduk untuk orang dewasa yang menunggu anak-anaknya main pasir. Disamping bak pasir, disediakan keran air untuk cuci tangan dan kaki selesai bermain pasir. Raihan dan sepupu2nya betah banget main disini. Kayanya ada dech sejam mainan pasir ini. ya lumayanlah ya, emaknya bisa duduk2 berdua sama si Ayah, lumayan mengistirahatkan kaki.
Di dekat pintu keluar wahana, ada toko souvenir dan minuman. Untung kita dah bawa minuman dan snack sendiri tadi, jadi lumayanlah, ngga usah ngantri beli minum. Irit juga kan. hehehe....emak emak banget

Kantin dan Mushola
Setelah puas liat Dinosaurus, kami memutuskan untuk sholat terlebih dahulu. Tempat sholat ada di dekat kantin. Cukup bersih, toilet juga bersih. Mungkin karena masih baru ya. Tapi yang sebel itu, masih ada aja yang buang tisu di sembarang tempat di toilet, padahal ada tempat sampah lho...zzzz
Setelah sholat langsung ke Kantin Tempat Makan. Mungkin kurang pas sich disebut kantin, karena harga makanannya seperti makan di mall bukan di kantin..:p
Untuk makan disini, bayarnya juga masih pakai gelang. Jadi itulah kenapa lebih baik beli satu gelang dan diisi saldo banyak. Di kasir ada tempat untuk Top UP saldo siy, tapi pengalaman kemarin, antri banget. Oh iya, kalau untuk beli makanan bisa langsung bayar di kasir di tiap gerai makanan (kasir ini ga bisa Top Up saldo). Tapi untuk minuman, belinya di Kasir minuman. Dan ini biasanya antri. Mungkin karena pas libur kali ya.
Gerai makanan ngga terlalu bervariasi siy, hanya ada beberapa jenis. Harganya ya seharga makan di mall. Paket Nasi ayam goreng gitu sekitar 30 ribu rupiah. Rasanya..hmm..soso siy. Lumayanlah buat isi perut biar ga laper

Wahana Permainan
Udah kenyang, waktunya bocah-bocah main lagi. Pertama pada main sepeda  Ini karena tempatnya penyewaan sepeda ada di sebelah kantin, jadi langsung cuzz aja. Eh namanya bukan sepeda siy, tepatnya "mobil gowes". Jadi bentuk depan kayak mobil, tapi digowes kayak sepeda. Anak-anak siy seneng banget naek ginian, padahal ya kayak naek sepeda doang. Emaknya siy seneng-seneng aja, soalnya tinggal duduk manis nungguin yang pada maen...Oh iya, selain itu sehat juga main ginian kan.

Habis maen sepeda gowes. Balita-balita main "mobil tanjak". Raihan suka banget naek ini, katanya seru. Jadi ini kayak roller coaster gitu, tapi ya karena buat balita, cuman naik sama turun aja dan ngga curam gt. Nah buat si kakak yang udah agak gede, dia pilih main "Ulat selur". Semacem roller coaster tapi lebih pelan dan ngga terlalu curam. Memang cucoknya buat abege, kalau buat orang dewasa mungkin kurang seru.

Setelah itu, kami memilih naik andong. Satu andong bisa untuk dua dewasa dan dua anak. Cuman kemarin kami dengan komposisi Dua Dewasa dan 3 anak masih muat kok, dan masih diperbolehkan sama petugasnya. Naiknya siy cuman sebentar, satu puteran doang. Nunggu antriannya yang lama..hahaha. Selagi nunggu antrian, anak-anak beli makanan kambing trus kasih makan kambing dech. Bisa juga kasih makan kelinci.

Masih banyak wahana permainan lain yang ada di Taman Legenda ini, cuman kita ngga naek semuanya. Soalnya setiap naek wahana kan bayar lagi...hehehe...Ada apa aja disana bisa buka web resminya taman legenda di sini.

Terakhir sebelum pulang, kita sempetin dulu nonton film. Nah kalau nonton ini gratis...makanya rugi kalau ga nonton. Ada jadwal-jadwal penayangan filmnya, jadi mending perhatiin jam tayangnya supaya ga kelamaan nunggu di dalem. Nah tadinya kirain film tentang dinosaurus, ternyata pas kami tonoton yang diputer itu film legenda keong mas...tapi gpp jg siy, anak-anak masih suka, film kartun.

Selesai nonton, pulang dech kita. Udah sore juga siy. ...:D

Di pintu keluar seperti banyak tempat wisata lainnya, ada gerai souvenir. Ada berbagai jenis souvenir yang dijual, seperti boneka dino, gantungan kunci dino, tas dino sampai mobil-mobilan dino. Harganya hmm...untuk kereta mirip thomas dengan dino di rangkaian gerbongnya itu sekitar 70 ribu. Topi dino sekitar 30 ribu...yaa standar tempat wisata siy ya..Beli souvenirnya sekali lagi masih pakai gelang. Tapi disini, kalau saldo di gelang sudah ngga cukup bisa pakai uang tunai. Sebelum pulang dan benar-benar keluar, kami ke loket penukaran untuk megembalikan gelang. Saldo yang masih ada di gelang dikembalikan lagi, termasuk jaminan gelang yang tidak bisa digunakan dalam wahana permainan di dalam.

udah dech...beres..pulang...kaki kecil kami butuh istirahat setelah seharian berjalan :)

PS : foto-foto nanti diupdate , belum ketemu filenya :D



CONVERSATION

1 comments:

  1. Terimakasih kak sudah nulis tentang artikel ini. sangat membantu banget setelah membacanya.
    jangan lupa kunjungi website kami yang di tidak kalah menarik juga ya dibawah ini
    Berikut link Harga Tiket wisata dari beberapa tempat wisata di indonesia .
    Harga Tiket Taman Legenda Keong Mas

    Harga Tiket The Lodge Maribaya

    Virtual Tour Indonesia

    Harga Tiket agung fantasi waterpark

    Harga Tiket watersplash darmawangsa

    Harga Tiket rinjani waterpark

    Harga Tiket Go splash panjibuwono

    Virtual Tour Indonesia

    ReplyDelete